Beranda   >  Gangguan Pigmentasi – Penyebab dan Pengobatan

Gangguan Pigmentasi

Apa yang harus dilakukan ketika warna kulit Anda berubah warna dan tampak tidak merata? Mari kita bicara tentang apa yang menyebabkan gangguan pigmentasi kulit dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya.

 

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Melanin dan Pigmentasi

 

SPOTLIGHT ON untuk melanin! Anda pernah mendengar tentang prinsip polisi yang baik / polisi yang buruk, bukan? Pigmen kulit kita, melanin, mengambil peran yang sama. Polisi jahat: Melanin bertanggung jawab untuk memberi orang warna kulit mereka, tetapi ketika pigmen coklat hingga hitam menumpuk di area kulit tertentu, itu menciptakan bintik-bintik gelap yang tidak sedap dipandang dan warna kulit yang tidak merata. Jadi di mana polisi yang baik itu? Apa yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa melanin melindungi kulit kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV. Melanosit adalah sel penghasil pigmen yang sangat khusus yang terjadi di seluruh kulit. Saat terkena sinar UV, melanosit melepaskan melanin ke sel-sel sekitarnya di mana pigmen menutupi inti sel seperti perisai pelindung.

Hypopigmentation – Vitiligo and Albinism

 

Ketika Anda memikirkan masalah pigmentasi, bercak kulit gelap dan bintik hitam seperti melasma biasanya menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Namun, ada juga beberapa kelainan yang ditandai dengan perubahan warna putih dan depigmentasi. Hilangnya warna kulit disebut hipopigmentasi. Ini terjadi ketika produksi melanin di kulit berkurang atau berhenti sama sekali. Gangguan hipopigmentasi yang paling umum adalah vitiligo, penyakit autoimun yang disebabkan oleh hilangnya melanosit dan menyebabkan bercak putih pada kulit yang mengalami depigmentasi. Vitiligo tidak berbahaya atau menular, tetapi banyak pasien menemukan bercak putih mengganggu estetika. Tidak diketahui apa sebenarnya penyebab vitiligo. Yang pasti adalah bahwa kondisi ini tidak dapat disembuhkan pada saat ini. Namun, ada beberapa perawatan dermatologi yang tersedia untuk memperbaiki vitiligo dan mencegahnya berkembang. Pilihan perawatan ini meliputi: Obat-obatan tertentu, fototerapi, terapi laser, dan transplantasi melanosit. Karena stres dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan vitiligo menyebar, penting untuk memakai tabir surya dengan SPF tinggi dan juga mengurangi tingkat stres Anda.

Ketika ada kekurangan total melanin di kulit, kondisi itu disebut albinisme. Ada bentuk albinisme yang hanya mempengaruhi mata. Ini mengurangi pigmentasi iris dan menyebabkan sensitivitas cahaya yang ekstrim dan masalah penglihatan yang signifikan. Bentuk kedua dari gangguan pigmentasi kulit mempengaruhi mata, rambut dan kulit. Kulit albino sangat sensitif terhadap cahaya dan tidak bisa berjemur. Hal ini sangat rentan terhadap sengatan matahari dan memiliki peningkatan risiko kanker kulit. Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah perlindungan matahari yang ketat untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Ketika ada kekurangan total melanin di kulit, kondisi itu disebut albinisme. Ada bentuk albinisme yang hanya mempengaruhi mata. Ini mengurangi pigmentasi iris dan menyebabkan sensitivitas cahaya yang ekstrim dan masalah penglihatan yang signifikan. Bentuk kedua dari gangguan pigmentasi kulit mempengaruhi mata, rambut dan kulit. Kulit albino sangat sensitif terhadap cahaya dan tidak bisa berjemur. Hal ini sangat rentan terhadap sengatan matahari dan memiliki peningkatan risiko kanker kulit. Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan langkah-langkah perlindungan matahari yang ketat untuk melindungi kulit dari UV

Hiperpigmentasi: Apakah itu semua dalam gen kita?

Iya dan tidak. Predisposisi genetik dianggap sebagai salah satu penyebab utama bintik hitam. Tip: Jika hiperpigmentasi terjadi di keluarga Anda, Anda harus memastikan untuk memakai krim tabir surya dengan SPF 50 setiap kali Anda mengekspos kulit Anda ke sinar matahari. Sinar UV dan proses penuaan alami merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap gangguan pigmen kulit. Tapi tahukah Anda bahwa pencemaran lingkungan juga dapat menyebabkan sejumlah kondisi kulit dan gangguan pigmen? Pemicu lainnya termasuk: Perubahan hormonal (kehamilan, pil KB), cedera, lecet dan infeksi atau peradangan kulit, yang menyebabkan bintik-bintik coklat yang dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Frequently Asked Question

Bisakah bintik-bintik pigmen hilang dengan sendirinya?

Biasanya, bintik hitam tidak akan hilang dengan sendirinya. Begitu mereka mengurus kulit, dibutuhkan banyak waktu dan kesabaran untuk mengurangi atau menghilangkannya. Kabar baiknya adalah bahwa bintik-bintik kecil atau bercak perubahan warna secara bertahap dapat memudar dengan rejimen perawatan kulit yang tepat. Bahan pencerah seperti niacinamide membantu membuat warna kulit tampak lebih merata. Pengelupasan kimia juga merupakan alternatif yang bagus untuk menghilangkan kondisi pigmentasi kulit ringan. Namun, jika Anda menderita penyakit kulit nyata, perawatan kosmetik saja tidak cukup. Ini membutuhkan bantuan spesialis kulit atau dokter kulit. Lebih baik aman daripada menyesal! Pastikan untuk selalu melindungi kulit Anda dari sinar UV dan menghindari paparan sinar matahari. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah hiperpigmentasi dan bintik hitam terkait UV, bahkan sebelum perawatan diperlukan.

* Pertanyaan yang sering ditanyakan

Open chat